Tujuhcahaya

Smartphone Murah Nokia 1 Ikut Program Android Go, Inilah Waktu Rilisnya – Tujuhcahaya

32

HMD Global merupakan perusahaan asal Finlandia yang berhasil mengembalikan nama Nokia ke dunia berkat smartphone Android buatannya.

Kita ketahui bersama bahwa HMD Global telah meluncurkan smartphone Android larisnya, seperti Nokia 6, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 7, Noka 8, dan Nokia 2. Menriknya, baru-baru ini dikabarkan bahwa HMD Global baru saja mengembangkan smartphone murah terbarunya yang bernama Nokia 1.

Dikabarkan Nokia 1 ini akan menjadi bagian dari program Android Go dari Google. Hal ini terjadi karena program Android One sendiri telah beralih ke smartphone kelas menengah sehingga Google menciptakan progam Android Go yang ditujukan untuk menghadirkan aplikasi cepat dan ringan pada smartphone dengan RAM 512 MB hingga 1 GB.

Sejak program Android Go bergulir, India akan menjadi negara berkembang pertama yang menciptakan smartphone dengan program ini. Kemungkinan besar berbagai smartphone Android Go akan hadir di India terlebih dahulu.

Selanjutnya, diperkirakan Nokia 1 yang dilengkapi dengan sistem operasi Android Oreo (Go editon) akan diluncurkan pada pertengahan tahun pertama tahun 2018 tepatnya bulan Maret 2018 di Rusia dengan harga berkisar US$104 atau sekitar Rp 1,4 jutaan. Kita ketahui bersama bahwa sistem operasi Android Oreo memiliki dua versi yang terdiri dari Standard edition dan Go edition.

Nantinya Nokia 1 akan hadir dengan layar beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS. Dari sektor hardware, smartphone yang satu ini akan menggunakan RAM 1 GB dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Dengan bertenaga Android Go maka dapat membuat performa Nokia 1 bisa dibilang layak dan lancar. Selain itu, beberapa aplikasi Google yang dihadirkan pun akan menggunakan versi Go atau bisa dibilang versi Lite sehingga hemat dalam konsumsi RAM maupun daya baterai.

Sayangnya belum diketahui informasi mengenai prosesor yang akan digunakan, namun kemungkinan besar HMD Global akan menggunakan produk dari Qualcomm atau MediaTek yang sudah diklaim Google mampu menjalankan Android Oreo (Go Edition).

Sekilas, Google mengatakan bahwa Android Go mampu menjalankan perangkat mobile dengan RAM 512 MB hingga 1 GB dengan lancar. Google juga secara resmi telah mengonfirmasi bahwa akan banyak smartphone Android Oreo (Go Edition) yang bermunculan di awal 2018.

Bersamaan dengan Nokia, pada tahun 2018 Huawei juga kabarnya akan meluncurkan smartphone Android Go. Smartphone dari Huawei ini kabarnya akan hadir dengan spesifikasi hardware yang mirip dengan Nokia 1, namun harganya cuma US$85 atau sekitar Rp 1,14 juta.

Untuk saat ini, smartphone termurah HMD Global masih dipegang oleh Nokia 2 dengan harga hanya 99 Euro atau sekitar Rp 1,59 juta dan telah dilengkapi dengan sertifikat IP52 yang membuktikan bahwa tahan terhadap cipratan air. Selain itu, Nokia 2 yang bersistem operasi Android 7.0 Nougat dijanjikan bisa upgrade ke Android 8.0 Oreo.

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.