101
0

Puasa Jadi Alasan Kamu Lemas? Nggak Lagi Deh!

101
0

Senang deh rasanya sudah memasuki bulan Ramadhan. Bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah wajib untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Di sini kamu diuji untuk menahan godaan nasfu makan, minum, bahkan ngomongin orang, haha.

Menjaga tubuh tetap produktif merupakan tantangan saat berpuasa. Nggak mungkin kan kamu bolos kerja hanya karena lemas berpuasa? Berikut 6 tips dari Tujuhcahaya agar kamu tetap kuat dan nggak loyo saat puasa.

  1. Makan Makanan Berserat Tinggi
    Kamu harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi yang baik agar membuat energi tubuh mampu bertahan lebih lama. Makanan dengan serat tinggi dapat diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Minum air putih juga penting agar tubuhmu tidak dehidrasi.
  2. Konsumsi Protein
    Protein membantu tubuh tidak mudah lapar saat berpuasa. Makanan dengan protein tinggi akan diolah secara lambat oleh perut sehingga mengendalikan rasa kenyang dan kadar gula dalam darah tetap stabil. Protein bisa diperoleh dari telur, daging, ikan, ayam untuk hewani. Sedangkan buah, sayur, dan kacang-kacangan untuk protein nabati.
  3. Konsumsi Lemak Secukupnya
    Lemak merupakan sumber energi yang baik, lho. Lemak memiliki sifat yang lebih padat dibandingkan dengan karbohidrat ataupun protein. Tapi, pilih lemak sehat ya. Beberapa contoh asupan kaya lemak sehat yaitu kacang-kacangan, alpukat, ikan salmon, sarden, dsb.
  4. Hindari Minuman Manis
    Kenapa gitu? Minuman manis justru membuat kamu merasa lebih cepat haus. Kopi juga bersifat mengeluarkan air dari tubuh kamu. Itulah yang akan membuatmu merasa lemas dan mengalami dehidrasi.
  5. Jangan Berlebihan
    Hindari makan dalam jumlah banyak saat sahur ya! Cukup fokus pada nutrisi makanan yang kamu konsumsi. Dengan nutrisi yang cukup, dapat memberikan energi yang lebih banyak saat puasa.
  6. Tetap Berolahraga
    Puasa masih harus olahraga? Tentu saja! Olahraga tetap dilakukan dengan tujuan menjaga stamina tubuh juga menjaga aliran darah. Kuncinya, jangan berolahraga secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa tips dari Tujuhcahaya agar tetap kuat menjalankan ibadah puasa dan jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, ya!

Adheniar JM
WRITTEN BY

Adheniar JM

A girl with some potential talent and a deep thinker in every wayโœจ

Leave a Reply

Your email address will not be published.