in

Lagu Ini Jaman Kamu Banget Nggak?

Generasi kelahiran 80-90an memang cukup beruntung ya. Bagaimana tidak, di tahun tersebut sudah banyak musik yang cukup keren dan menjadi memorable untuk didengarkan pada masa sekarang. Lagu rock tidak selamanya memperdengarkan alunan musik yang keras. Masih ada beberapa klasifikasi untuk musik-musik rock yaitu pop rock, slow rock, rock n’ roll, progressive rock, punk rock, hard rock, dan masih banyak lagi.

Nah, ini dia beberapa lagu yang cocok untuk menemani rasa bosan kamu yang bisa bikin flashback!

#1 The Police – Every Breath You Take

The Police terkenal di seluruh dunia pada awal 80-an dan merupakan salah satu grup new wave pertama yang sukses secara komersial. Album “Synchronicity” menduduki peringkat nomor satu di Britania Raya dan Amerika Serikat dengan penjualan lebih dari 8 juta kopi di AS yang salah satunya terdapat lagu Every Breath You Take di dalamnya. Namun, mereka bubar pada tahun 1984 dimana masing-masing anggotanya melanjutkan karier solo mereka.

#2 Gun N’ Roses – Sweet Child O’ Mine

Band satu ini memang sangat terkenal di era 80-an dan 90-an dengan melejit lewat album 1987 “Appetite for Destruction” dengan hits Sweet Child O’ Mine, Paradise City, dan Welcome To The Jungle. Gun N’ Roses dibilang cukup sering berganti-ganti personil bahkan pendirinya pun hengkang dari grup ini. Keretakan grup band ini dimulai tahun 1994 dimana personil-personilnya ribut dan sering bolak-balik rehabilitasi ketergantungan narkoba.

#3 Europe – The Final Countdown

Europe merupakan grup musik hard rock asal Swedia yang mampu meraih popularitas di era 80-an hingga awal decade 1990. Lagu The Final Countdown yang sangat didominasi riff keyboards adalah lagu yang melesatkan Europe sebagai salah satu band hard rock papan atas dunia dan berhasil menjual lebih dari 20 juta rekaman di seluruh dunia. Setelah sempat memutuskan untuk istirahat di tahun 1993, Europe kembali ke blantiika rock dunia pada tahun 2003 dan masih tetap eksis hingga sekarang.

#4 The Goo Goo Dolls – Iris

Tahun 90-an merupakan masa keemasan John Rzeznik dan kawan-kawan dengan 14 single yang masuk 10 besar dan albumnya yang terjual hingga 10 juta copy di seluruh dunia. Legenda heavy rock dengan lagunya yang melejit, Iris, tetap bermusik hingga kini meski kehilangan salah satu personilnya yaitu Malinin.

#5 Oasis – Don’t Look Back In Anger

Band rock influential asal Inggris ini dibentuk di Machester pada tahun 1991. Tujuh single dan tujuh albumnya pernah memuncaki posisi satu di tangga musik Inggris dan pernah memenangkan lima belas NME Awards.

#6 Radiohead – Creep

Grup dengan genre rock alternatif ini merilis single pertama mereka, Creep, pada tahun 1992. Pada awalnya lagu ini tidak sukses, namun melejit di seluruh dunia beberapa bulan setelah rilisnya album debut mereka, “Pablo Honey” di tahun 1993.

#7 The Cranberries – Zombie

The Cranberries rupanya bukan nama pertama grup ini. Band asal Limerick, Irlandia ini sebelumnya bernama The Cranberry Saw Us. Yang merupakan salah satu band asal Irlandia tersukses kedua setelah U2. Namun, berita tewasnya Dolores O’Riordan (vokalis) sembat menghebohkan pada 15 Januari 2018 silam. Menurut beberapa sumber, O’Riordan meninggal karena tenggelam di bak mandi dengan ditemukannya sebotol sampanye dan beberapa botol kecil minuman beralkohol.

#8 Scorpions – Wind of Change

Lagu ini mengingatkan kita pada tragedi rubuhnya tembok Berlin dan Wind of Change dianggap sebagai lagu rock yang sepenuihnya mengungkapkan perasaan di jaman itu. Setelah berlaga di dunia musik rock internasional selama puluhan tahun, band asal Jerman ini memutuskan untuk bubar di tahun 2012.

#9 Nirvana – Smells Like Teen Spirit

Sebuah aliran musik yang awalnya tidak dikenal dan hanya dikonsumsi komunitas local di Barat Laut Amerika Serikat, Seattle ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Nirvana. Grunge, perpaduan punk dan metal yang melebur dalam subgenre alternative rock ini dengan beberapa noise rock yang justru menggambarkan nada baru dan menjadi tren anak muda kala itu.

#10 No Doubt – Don’t Speak

Nama No Doubt menjadi salah satu band yang mencuri perhatian di era 90-an dengan lagunya Don’t Speak. Meski dibentuk tahun 1986, No Doubt baru meluncurkan debut albumnya pada tahun 1992.