in

Jangan Takut Untuk Memulai, Tunggu Apa Lagi?

Semakin ke sini bumi sudah nggak seperti dulu lagi, dimana ada banyak udara sejuk yang dengan mudahnya kita dapatkan. Sekarang bumi sudah penuh dengan pencemaran lingkungan, baik itu polusi udara, tanah, dan air. Adanya modernisasi dan pembangunan dalam kehidupan saat ini, polusi sudah mencapai puncaknya yang berakibat pemanasan global serta penyakit pada kesehatan manusia.

Kita sebagai generasi muda harus melakukan upaya untuk menjadikan bumi tetap sehat dan mampu menerapkan di segala aspek kehidupan. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan diri dan juga lingkungan.

#1 Buang Sampah pada Tempatnya

Hal sepele yang susah banget untuk diterapkan. Padahal bagi setiap orang yang terbukti membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sesuai perda yang diatur di masing-masing daerah. Bagaimana tidak, sampah sekecil apapun, jika dibuang tidak pada tempatnya bisa menimbulkan bencana yang merugikan seluruh lapisan masyarakat.

Cara kecil yang dapat diterapkan adalah jangan malas untuk sekadar jalan menuju tempat sampah, apabila jauh atau tidak menjumpai tempat sampah, simpanlah sejenak hingga kamu menemukan tempat sampah tersebut.

#2 Kurangi Penggunaan Listrik

Selain hemat dalam biaya, mengurangi penggunaan listrik juga berpengaruh dalam sumber daya alam yang semakin menipis. Apalagi, masih banyak orang di luar sana yang belum bisa merasakan manfaat listrik. Menghemat penggunaan listrik juga dapat mengurangi pembakaran energi fosil yang menyebabkan pemanasan global bagi bumi. Yuk bijak dalam penggunaan listrik!

#3 Naik Transportasi Umum

Siapa di sini yang suka naik bus, sepeda, atau berjalan kaki? Dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dampaknya berupa meminimalisir adanya pencemaran udara yang ditimbulkan dari emisi kendaraan.

Menggunakan transportasi umum juga dapat mengurangi kemacetan, lho. Padatnya kendaraan di jalanan kota-kota besar sudah cukup penat dan sesak.

#4 Ikut Menghijaukan Bumi!

Istilah reboisasi sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Penghijauan kembali atau reboisasi harus dilakukan untuk mengurangi dampak dari pemanasan global. Satu pohon saja dapat menyerap karbon dioksida dalam jumlah yang luar biasa semasa hidupnya. Kamu bisa mengajak dari lingkup keluarga terlebih dahulu untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya menjaga kelestarian alam.

#5 Minimalisir Penggunaan Plastik

Penggunaan plastik sudah jadi bagian sehari-hari di kehidupan kita. Namun, bahaya yang muncul akan semakin meningkat setiap harinya. Plastik jadi salah satu penyebab terbesar pencemaran hingga kerusakan lingkungan dan Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Sudah banyak alternative yang bisa dilakukan dalam pengurangan penggunaan plastik seperti mengganti kantung plastik dengan tote bag belanja, membawa botol minum sendiri, mengganti alat makan dan minum plastik dengan bahan yang lebih ramah lingkungan, dan masih banyak hal lainnya.

#6 Kurangi Penggunaan Barang yang Memiliki Kandungan CFC

  1. CFC (Chlorofluorocarbon) merupakan sejenis emisi yang dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon (lapisan pelindung bumi dari sinar ultraviolet). Gas CFC ini dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari karena terdapat pada pendingin ruangan (AC), lemari es, deodorant, hairspray, semprotan nyamuk, dan lainnya.

Mulailah membiasakan hal-hal kecil untuk langkah menyelamatkan bumi. Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi?