in

Demam Influencer di Indonesia, Apakah Bisa Bertahan Lama?

“Ah followersnya beli ya? Tampang jelek gitu, huh”

Pesatnya pembaharuan teknologi masa sekarang memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Begitu pula dengan sosial media di kalangan anak muda. Mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dan platform digital lainnya dengan mudah diakses dan digunakan semua orang. Bayangkan saja, satu orang bisa memiliki 1 akun atau lebih di masing-masing platform. Selow banget ya hidupnya? Haha

Kemudian munculah istilah influencer. Seseorang yang sudah bisa disebut influencer dianggap orang yang keren. Padahal kamu harus ketahui hal ini terlebih dahulu.

Influencer berarti seseorang yang memiliki jumlah pengikut (re: followers) banyak dan punya pengaruh kuat bagi followers mereka. Biasanya influencer ini adalah artis, selebgram, youtuber, atau orang biasa yang memiliki keunggulan masing-masing. Semua orang pun berlomba-lomba untuk menjadi yang paling top dan the most popular people in the world, hahaha

Bagi beberapa brand atau client memang merasa terbantu akan adanya influencer ini, karena mereka lebih mudah untuk menggaet masyarakat demi kebutuhan marketnya. Namun ada beberapa hal yang harus dipahami ketika kamu sudah dikenal sebagai influencer.

#1 Image

Bukan berarti tidak boleh bersikap apa adanya dengan menjadi jaim alias jaga image, tapi image yang kamu ciptakan harus konsisten dan tidak boleh melenceng dari norma masyarakat.

#2 Etika

Sosial media itu kejam, gengs. Mau sebaik apapun kamu, pasti tetap aja muncul para haters.

#3 Engagement

Hal ini wajib dipenuhi dan komitmen yang harus ditaati. Jumlah followers memang penting, namun yang dicari adalah engagement, rate, seperti comment, shares, dan jumlah like.

#4 Tanggung Jawab

Point penting menjadi influencer adalah bertanggung jawab. Dimana orang-orang di luar sana sudah menganggap kamu sebagai seorang panutan, at least kamu harus memberikan contoh dan dampak yang baik bagi mereka semua. Jangan sampai kamu dianggep momok yang buruk ya!

Inget ya, selebgram juga ada masanya. Sama seperti selebtweet dulu. Konsisten dalam membangun brand image sebagai seseorang yang terpercaya itu perlu, tapi jangan sampai kamu mengabaikan orang-orang di sekitarmu.

Jadilah rendah hati dan tidak perlu merendahkan orang lain hanya karena kamu ingin terlihat lebih tinggi.

Cheers!

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Loading…

0

Comments

0 comments

Melawan Polusi Yang Terus Mencuat

Influencer Burung Pipit