in

Cara Menulis Yang Bagus

Jujur saya sendiri kurang begitu paham gimana cara menulis yang bagus dan enak dibaca. Lha wong saya sendiri saja kalau disuruh menulis masih berantakan EYD nya. 

Saya hanya menikmati tulisan. Saya tidak bisa bilang saya seorang penulis. Kalau nyampah di status memang hobi saya, tapi itu bukan berarti saya penulis. Saya tenar di group whatsapp keluarga juga nggak bisa dikatakan saya seorang influencer khan. 

Menulis

Tapi saya yakin, modal utama membuat sebuah tulisan bagus hanya satu, yaitu menulis. Ya gimana mau membuat tulisan bagus kalau kita tidak menulis. Logikanya mungkin seperti ini; saya mau membuat rumah bagus. Bagaimana saya bisa meyakini saya bisa membuat rumah bagus kalau saya nggak pernah membangun rumah. 

Membaca

Modal kedua yaitu membaca. Selain menambah literasi kata, membaca juga menjadikan kita paham bagaimana membuat sebuah alur cerita. Tidak harus membaca banyak buku. Mulai saja dari membaca blog atau artikel ringan. Setiap penulis mempunyai ciri khas masing-masing. 

Berceloteh Sesuka Hati

Resep rahasia menurut saya pribadi adalah hati. Sering saya temui beberapa penulis senior sengaja untuk patah hati agar bisa membuat konten tulisan. Tapi ternyata, patah hati itu beda dengan patah semangat. Ini yang perlu diluruskan. 

Pada akhirnya, saya mengamini bahwa menulis itu skill. Butuh kesabaran dan kebiasaan yang konsisten. Jangan seperti saya ini, latah mbikin resolusi tahun baru dengan niatan: ngurusin blog pribadi secara konsisten, tapi nyatanya nggak kesentuh sama sekali. 

Tapi memang benar, kebiasaan membuahkan hasil. Walau saya tidak konsisten menulis, tapi ketika saya bandingkan gaya penulisan saya di era wordpress berjaya, jauh sekali dengan tulisan saya saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Kekerasan Finansial Mulai Merebak

Berbeda Pilihan Bukan Berarti Bermusuhan